Untuk menunjang akurasi alat-alat pengujian kami menerima Kalibrasi Peralatan Laboratorium dan Lapangan baik In-site (di tempat customer) maupun In-Laboratory (dikirim ke tempat kami). Proses Kalibrasi dilakukan oleh Laboratorium Kalibrasi yang bersertikat KAN sesuai SNI/IEC 17025-2017. Kalibrasi  dilakukan  untuk  semua  peralatan   Laboratorium Teknik Sipil Bidang Bina Marga, Bina Konstruksi, Sumber Daya Air (SDA), Teknik Lingkungan, Teknik Geodesi dan lain-lain. Standar Kalibrasi merujuk pada ISO/IEC 17025 : 2017 dimana proses Kalibrasi dilakukan oleh Laboratorium yang telah terakreditasi KAN dan memiliki Nomer Register KAN dan Tenaga Kalibrator yang sudah memiliki Sertifikasi KAN (Komite Akreditasi Nasional)

Pelayanan Kalibrasi meliputi 2 kegiatan utama yaitu :

  1. KALIBRASI DI LABORATORIUM (IN-LABORATORY), Kalibrasi dilakukan di Laboratorium kami, dimana peralatan yang akan dikalibrasi dikirim kepada kami dengan packing yang baik. 
  1. KALIBRASI IN-SITU (DI TEMPAT), Kalibrasi secara In-Situ dilakukan apabila peralatan yang akan dikalibrasi menyangkut jumlah yang banyak atau peralatan yang besar yang sangat beresiko apabila dikirimkan ke Laboratorium Kalibrasi. Team kalibrator Bina Mutu Teknotama Digital akan mendatangi Laboratorium Konsumen dengan membawa alat Kalibrator dan akan melakukan Kalibrasi di tempat sesuai dengan kesepakatan.

Kalibrasi yang dapat dilakukan di tempat antara lain :

  1. KALIBRASI LABORATORIUM PENGUJIAN : Laboratorium Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten - Kota - Provinsi, Laboratorium Bina Marga, Laboratorium UPTD Pengujian, Laboratorium Fakultas Teknik Sipil, Laboratorium Proyek, Laboratorium Kontraktor, Laboratorium Konsultan.
  2. KALIBRASI ASPHALT MIXING PLANT (AMP) : Asphalt Mixing Plant (AMP) sebagai tempat produksi Aspal Hotmix harus selalu dikalibrasi secara teratur, sehingga hasil yang dikeluarkan akurat. Kalibrasi AMP meliputi timbangan dalam AMP dan semua peralatan pengujian yang ada di laboratorium AMP.
  3. KALIBRASI BATCHING PLANT : Sebagai pusat produksi beton, maka Batching Plant wajib dikalibrasi setiap tahun agar timbangan yang digunakan sesuai dengan standard sehingga dapat menghasilkan campuran beton sesuai dengan Rancangan Campuran Beton. Kalibrasi Batching Plant meliputi timbangan dalam batching plant dan seluruh peralatan pengujian yang ada dalam laboratorium Batching Plant.
  4. KALIBRASI TIMBANGAN KENDARAAN / TRUCK SCALE : Kalibrasi timbangan kendaraan sangat diperlukan terutama pada AM, Batching Plant dan Stone Crusher, dimana berat matrial dalam Dump Truck dan berat kendaraan akan dapat diktehui dengan mudah. Melakukan Kalibrasi pada Truck Scale berarti memberikan akurasi timbangan baik untuk mengetahui berat material yang dikirim maupun material yang diterima.