Pada saat pengujian di Laboratorium dan Lapangan, kita juga membutuhkan alat penghitung waktu, alat pengukur diameter bahkan alat untuk mengukur tingkat kerataan sehingga hasil pengujian dapat dilakukan sesuai standar yang telah ditentukan. Adapun alat-alat tersebut adalah :

  1. STOP WATCH : Stopwatch atau disebut juga dengan pengukur waktu adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengukur waktu. Bentuk dari alat ini menyerupai dengan arloji. Tetapi tidak dapat digunakan / berfungsi sebagai jam. Dalam pengujian di Laboratorium Stopwatch ini sangat dibutuhkan terutama untuk menghitung waktu pengujian sesuai standar yang telah ditentukan. Alat pengukur yang satu ini mempunyai fungsi utama sebagai pengukur waktu yang bisa diterapkan di berbagai kebutuhan. Selain itu, alat pengukur waktu ini juga bisa digunakan untuk keperluan penelitian, pertunjukan, dan sebagainya. Fungsi lain alat ini adalah sebagai stoplock. Stoplock merupakan sebuah fitur yang bisa digunakan untuk menunda waktu tapi tidak mempengaruhi proses pengukuran waktu yang sedang dilakukan.
  2. VERNIER CALIPER : Pada dasarnya yang dimaksud jangka sorong adalah sebuah alat ukur seperti japit yang terdiri dari 2 bagian, bagian tetap dan bagian yang bisa digeser. Jangka sorong memiliki tingkat ketelitian hingga seperseratus milimeter. Pada versi analog biasanya tingkat ketelitiannya adalah 0,005 cmuntuk ukuran di bawah 30 cm dan 0,01 cm untuk yang di atas 30 cm. Jangka sorong memiliki ketelitian sangat tinggi dalam melakukan pengukuran benda, dirancang untuk dapat mengukur bagian luar benda, bagian dalam benda, tinggi benda bahkan diameter benda secara akurat. Jangka sorong memiliki fungsi :
  1. Untuk mengukur tinggi suatu benda
  2. Untuk mengukur ketebalan suatu benda
  3. Untuk mengukur diameter dalam suatu benda
  4. Untuk mengukur diameter luar suatu benda
  5. Untuk mengukur kedalam suatu benda.
  1. LEVEL: Untuk pengecekan level alat/instrumen, tipe straight.Waterpass adalah alat yang digunakan untuk mengukur atau menentukan sebuah benda atau garis dalam posisi rata baik pengukuran secara vertikal maupun horizontal. Ada banyak jenis alat waterpass yang digunakan dalam pertukangan, tapi jenis yang paling sering dipergunakan adalah waterpass panjang 120 cm yang terbuat dari bahan kayu dengan tepi kuningan, dimana alat ini terdapat dua buah alat pengecek kedataran baik untuk vertikal maupun horizontal yang terbuat dari kaca dimana didalamnya terdapat gelembung cairan, dan pada posisi pinggir alat terdapat garisan pembagi yang dapat dipergunakan sebagai alat ukur panjang.

Alat-alat tersebut dapayt dilihat pada gambar berikut ini :