BI-150A SAYBOLT VISCOSIMETER (PENGUJIAN VISKOSITAS ASPAL)

Standar Acuan : SNI 7729:2011, ASTM D-88, AASHTO T-72

Pengujian suatu kekentalan atau viskositas pada sebuah cairan zat (fluida) yang disebut dengan viskometer, pada viskometer ini menggunakan sebuah metode yaitu metode saybolt yang mengacu pada standar internasional yaitu ASTM D88. Dalam pengujian viskositas menggunakan saybolt di titik beratkan dalam proses pemanasan yang dilakukan dan pengukuran waktu yang dilakukan aliran oli saat jatuh ke gelas ukur.

Cara uji viskositas aspal pada temperatur tinggi dengan alat saybolt furol dimaksudkan untuk menentukan viskositas aspal pada temperatur tinggi. Nilai viskositas yang diperoleh dapat digunakan untuk menentukan temperatur pencampuran dan temperatur pemadatan campuran beraspal panas di laboratorium dan di lapangan.

Di dalam standar ini dilakukan pemanasan aspal pada temperatur yang berkisar antara 1200C sampai dengan 2400C, pengukuran viskositas dilakukan dalam detik yang dikonversikan ke dalam satuan sentistoke. Pada saat pengujian, apabila aliran benda uji dari tabung viskometer ke labu penampung tidak menerus (terputus-putus) maka standar ini tidak dapat digunakan. Pengujian viskositas diperlukan untuk mendukung kegiatan perencanaan di laboratorium dan pelaksanaan di lapangan campuran beraspal.

Peralatan Pengujian Viscositas dapat dilihat pada gambar di bawah ini :