SIEVE ANALISIS (ANALISA SARING AGREGAT KASAR / HALUS)

STANDAR ACUAN : SNI 03-1968-1990

Round Sieve / Saringan adalah alat yang akan digunakan untuk melakukan Analisa Saring baik agregat kasar maupun agregat halus sehingga diketahui Gradasi / Susunan Butir Agregat tersebut. Analisa Saring digunakan untuk mengetahui ukuran butir dan gradasi agregat dari yang kasar sampai halus untuk keperluan design campuran beton / rancangan campuran hot mix. Saringan berukuran 8" diameter dan 4" tinggi.

Langkah-langkah Analisa Saring :

  1. Siapkan Mesin Sieve Shaker
  2. Susun Nomor Saringan secara berurutan (yang kasar di atas, yang halus di bawah) : 1”, ¾”, 3/8”, #4, #8, #16, #30, #50, #100, Pan & Cover.
  3. Ambil agregat kemudian gunakan sample spliter untuk membagi secara merata atau gunakan metode kuatering
  4. Ambil contoh terpilih, masukan oven suhu 1100C selama 24 jam
  5. Timbang masing-masing saringan (catat berat saringan dalam table) kemudian susun dalam mesin pengguncang (Sieve Shaker) berurutan, atas paling kasar sampai bawah pan.
  6. Masukan agregat di saringan teratas, tutup dan jepit, kemudian nyalakan selama 10 menit
  7. Matikan mesin dan biarkan selama 5-10 menit agar debu mengendap
  8. Buka tutup saringan kemudian timbang masing-masing saringan berikut isinya (masukan ke dalam table). Hitung berat agregat yang tertahan dalam masing-masing saringan dan masuka ke dalam tabel.

Saringan terdiri dari 2 macam yaitu Saringan berbahan Kuningan dan Saringan berbahan Stainless Steel, untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar di bawah ini :