SO-700 SONDIR HYDRAULIC BERAT 10 TON dan SO-750 SONDIR HYDRAULIC BERAT 20 TON

Standar Acuan : SNI 2827:2008; ASTM D-3441

Dalam desain struktur tanah fondasi sering dilakukan analisis stabilitas dan perhitungan desain fondasi suatu bangunan dengan menggunakan parameter tanah baik tegangan total maupun tegangan efektif. Parameter perlawanan penetrasi dapat diperoleh dengan berbagai cara. Dalam melakukan uji penetrasi lapangan ini digunakan metode pengujian lapangan dengan alat sondir (SNI 03-2827-1992) yang berlaku baik untuk alat penetrasi konus tunggal maupun ganda yang ditekan secara mekanik (hidraulik). Peralatan uji penetrasi ini antara lain terdiri atas peralatan penetrasi konus, bidang geser, bahan baja, pipa dorong, batang dalam, mesin pembeban hidraulik, dan perlengkapan lainnya. Kemudian dirvisi dengan SNI 2827:2008, Mengingat diperlukannya parameter perlawanan penetrasi lapisan tanah di lapangan untuk keperluan interpretasi perlapisan tanah dan bagian dari desain fondasi suatu bangunan.

Tujuannya Pengujian Sondir adalah untuk memperoleh parameter-parameter perlawanan penetrasi lapisan tanah di lapangan, dengan alat sondir (penetrasi quasi statik). Parameter tersebut berupa perlawanan konus (qc), perlawanan geser (fs), angka banding geser (Rf), dan geseran total tanah (Tf), yang dapat dipergunakan untuk interpretasi perlapisan tanah dan bagian dari desain fondasi.

Bina Mutu Teknotama Digital menyediakan Varian Sondir Hydraulic dengan kapasitas yang lebih besar yaitu :

  1. SO-700 Sondir Hydraulic Berat kapasitas 10 Ton
  2. SO-750 Sondir Hydraulic Berat kapasitas 20 Ton

Kedua sondir hydraulic ini dapat digunakan untuk melakukan penyelidikan tanah sampai kedalam 30 meter, seguah kedalaman yang tidak bisa dicapai oleh sondir ringan dan sondir manual.

Untuk lebih lengkapnya silahkan dilihat pada uraian di bawah ini.